Kamis, 25 Juni 2009

Tubuh dan Pikiran Sehat, Bekerja pun Jadi OK!

Sering kali dalam segala aktifitas kehidupan kita, kita lebih cenderung menomorsatukan yang namanya pekerjaan. Waktu dan pikiran kita hanya habis untuk memikirkan bagaimana cara menyelesaikan deadline yang terus mengejar-ngejar kita, bagaimana cara mencapai target, bagaimana caranya ini dan itu dan banyak hal lainnya demi mencapai apa yang kita inginkan dalam usaha maupun pekerjaan kita. Bahkan tidak sedikit orang yang akhirnya mengabaikan kesehatannya demi pekerjaannya. R.W. Dodo dalam kutipannya menyatakan, " Seberapa penting pekerjaan, seberapa besar dorongan kebutuhan yang menuntut kita untuk bekerja, dan seberapa penting kesehatan? Mungkin kita perlu merenungkan lagi apa sebenarnya tujuan kita!".

The Dreamer, The Executor, And Team

Hal tersebut harusnya menyadarkan kita bahwa untuk mencapai tujuan kita tentu saja dibutuhkan yang namanya bekerja. Namun selain bekerja, kita juga harus didukung dengan yang namanya hidup sehat. Karena apa gunanya kita sukses dalam pekerjaan apabila ternyata hidup kita selanjutnya hanya dihabiskan untuk sakit-sakitan?!

100_0335 Ada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk menerapkan pola hidup sehat dalam keseharian kita. Yang pertama dengan mengkonsumsi makanan yang sehat. Informasi mengenai pola makan beserta makanan yang sehat bisa kita dapatkan informasinya dari berbagai sumber, baik itu artikel-artikel di internet, buku, koran, dll.

Yang kedua dengan istirahat yang cukup. Istirahat disini dapat kita bagi menjadi dua yaitu, istirahat secara jasmani dan istirahat secara rohani/psikis. Istirahat secara fisik kita lakukan dengan tidur secukupnya, yaitu antara 6-8 jam dalam sehari. Sedangkan istirahat secara rohani/psikis dapat kita lakukan dengan cara melakukan kegiatan yang membuat kita rileks dalam arti kita bisa melupakan sejenak semua hal-hal yang berhubungan dengan pekerjaan kita. Entah itu dengan rekreasi beserta dengan keluarga, kerabat, rekan ataupun teman-teman kita. Intinya dalam masa-masa istirahat tersebut kita benar-benar rileks dan melepaskan sejenak semua kepenatan kita dengan suatu kegiatan yang baru yang bisa membuat hati dan pikiran kita senang  dan tenang.

100_0226 Yang ketiga dengan berolahraga. Dalam hal ini kita melakukan olahraga yang tentu saja kita senangi. Entah itu dengan joging, fitness, bermain basket, golf, tenis, dsb. Tergantung kesenangan setiap kita.

Dan yang keempat yaitu dengan selalu bersyukur dalam setiap hal yang kita alami. Hal ini mungkin sangat simpel, namun sangat membantu dalam mengembalikan semangat dan perasaan positif dalam diri kita. Banyak orang yang melakukan ini dan itu, namun karena tidak mensyukuri hal tersebut, akhirnya malah menjadi beban buat hati dan pikirannya.

Apapun kesibukan kita, sudah saatnya untuk kita mulai menyeimbangkan pola hidup kita dengan giat bekerja dan hidup sehat. Dengan kita menjaga tubuh dan pikiran kita tetap sehat, maka bekerja pun jadi OK! Segala target, sasaran dan tujuan kita pun dapat kita kerjakan dan gapai dengan lebih baik. Karena pada saat kita dalam keadaan sehat, kita dapat melaksanakan segala aktifitas kita dengan lebih efektif dan optimal. Jadi tunggu apa lagi, mulailah untuk hidup sehat sejak saat ini demi masa depan yang lebih baik!***
Share this post
  • Share to Facebook
  • Share to Twitter
  • Share to Google+
  • Share to Stumble Upon
  • Share to Evernote
  • Share to Blogger
  • Share to Email
  • Share to Yahoo Messenger
  • More...

0 komentar

 
© 2011 Santomic
Designed by ThemeSpira Coded by CodeSpira Part of LiveSpira
Released under Creative Commons 3.0 CC BY-NC 3.0
Posts RSSComments RSS
Back to top