Rabu, 08 Juli 2009

Advertising vs New Media

Semakin pesatnya perkembangan teknologi membuat media promosi juga berkembang dengan begitu sangat cepat. Hal ini tentu saja menjadi suatu tantangan tersendiri untuk perusahaan yang bergerak di bidang advertising. Perusahaan harus memikirkan dengan baik bagaimana caranya untuk  bisa tetap bertahan di tengah ketatnya persaingan media promosi outdoor dengan media-media yang baru. Bukan suatu rahasia lagi bahwa munculnya internet sebagai alternatif media baru di kancah bisnis periklanan benar-benar memberikan suatu warna dan nuansa yang baru. Tentu saja media periklanan keduanya berada di dunia yang berbeda, karena yang satu berada di dunia nyata secara fisik dan yang satunya lagi berada di dunia maya. Namun yang menarik adalah semakin lama media-media baru justru semakin mendapat banyak respon dan permintaan pasar apabila dibandingkan dengan media periklanan outdoor.

P4270026

Robby Susanto sebagai salah satu komisaris utama Santomic, di sela-sela kesibukannya menyatakan bahwa saat ini telah mulai terjadi pergeseran permintaan pasar dari media-media outdoor kepada periklanan dengan menggunakan media internet. "Untuk saat ini mungkin masih belum kelihatan terlalu signifikan namun arah perubahan minatnya kelihatan terus mengalami peningkatan. Perusahaan-perusahaan besar makin banyak yang lebih memilih menggunakan media internet untuk sarana promosinya dibandingkan dengan menggunakan media outdoor seperti billboard atau baliho", imbuhnya. Disatu sisi, media internet memang memiliki lebih banyak keuntungan dibandingkan dengan media promosi iklan secara fisik (media outdoor), terutama apabila dilihat dari sisi efektifitas dan efisiensi biaya. Namun untuk saat ini, media promosi outdoor tetap memiliki pengaruh yang cukup bagus dalam peningkatan image suatu brand perusahaan. Masyarakat pada umumnya masih menilai bahwa suatu perusahaan yang memasang iklan pada suatu media outdoor adalah suatu perusahaan yang mapan dan high class. Hal tersebut tentu saja menjadi suatu nilai tambah tersendiri karena image perusahaan yang memasang iklan tersebut juga jadi ikut naik.

web-santomic Menyikapi fenomena tersebut, Santomic dalam prakteknya akhirnya mengambil inisiatif untuk mengkombinasikan kedua media tersebut dalam memberikan layanan kepada konsumen yang ada. Saat ini Santomic telah berkiprah dalam media advertising outdoor dan kedepannya tidak menutup kemungkinan untuk mulai membuka jasa layanan periklanan melalui media internet  karena Santomic sendiri telah lama menggunakan media website sebagai salah satu media promosi perusahaan.
Share this post
  • Share to Facebook
  • Share to Twitter
  • Share to Google+
  • Share to Stumble Upon
  • Share to Evernote
  • Share to Blogger
  • Share to Email
  • Share to Yahoo Messenger
  • More...

0 komentar

 
© 2011 Santomic
Designed by ThemeSpira Coded by CodeSpira Part of LiveSpira
Released under Creative Commons 3.0 CC BY-NC 3.0
Posts RSSComments RSS
Back to top