Rabu, 23 September 2009

Spirit Of Excellence

Tak terasa hari-hari libur telah berlalu. Jalanan yang tadinya sepi kini tiba-tiba ramai oleh lalu lalang kendaraan orang yang berangkat ke tempat kerja. Sebagian tempat kerja ada yang sudah buka, namun juga masih ada beberapa tempat kerja yang masih meliburkan karyawannya.

Proses Pengelasan
Setelah libur selama beberapa hari, kadang pikiran dan hati kita masih ingin melanjutkan libur, tapi justru saat ini adalah waktu yang tepat untuk kita boleh kembali memulai hidup yang baru setelah kita merayakan hari kemenangan. Idul Fitri yang telah kita rayakan haruslah kita jadikan sebagai momentum awal bagi kita untuk kita boleh memacu diri kita agar memiliki Spirit of Excellence, untuk kita terapkan dalam hidup kita, termasuk dalam dunia kerja.

Memiliki Spirit of Excellence artinya kita memiliki standar yang tinggi dalam bekerja dimanapun kita berada. Mungkin apa yang kita kerjakan atau jabatan yang kita miliki saat ini tidaklah setinggi apa yang dicapai oleh orang lain pada saat ini, namun kita dapat memilih untuk mengerjakan segala sesuatu yang menjadi tanggung jawab kita dengan sebaik mungkin dan dengan standar kualitas yang tinggi. Untuk itu kita perlu memiliki cita-cita yang tinggi dan juga harus mengerti bahwa untuk menjadi sukses dalam setiap pekerjaan kita, kita tidak bisa hidup seenaknya atau bekerja seenaknya. Kita harus menanamkan dalam pikiran kita bahwa segala pekerjaan yang ada merupakan persiapan bagi tugas yang lebih besar lagi.

Menerapkan Excellence Dimanapun Ditempatkan
Untuk mulai menerapkan Spirit of Excellence dalam hidup kita, kita harus memiliki etos kerja dengan standar yang  tinggi. Banyak orang yang mengeluh ketika mereka tidak mendapatkan sesuatu sesuai dengan apa yang mereka pikirkan. Namun sebagai orang yang memiliki Spirit of Excellence kita sebaliknya harus terus bersyukur dan menggunakan waktu-waktu kita untuk menerapkan skill management kita dalam mengelola segala tanggung jawab yang dipercayakan kepada kita. Mungkin kadang-kadang kita merasa bahwa penjadwalan tugas-tugas, control, service delivery, dan pekerjaan lainnya yang rutin dilakukan setiap hari terasa membosankan, namun harus disadari bahwa semua tanggung jawab itu adalah untuk melatih kita sebelum mendapatkan tanggung jawab yang lebih besar lagi di masa yang akan datang.

Apabila kita memiliki cita-cita dan mimpi yang sangat tinggi, maka kita harus menyesuaikan pola hidup kita dan prinsip kerja kita dengan mimpi yang besar itu. Setelah itu kita harus mempraktekkan prinsip-prinsip tersebut sejak dan juga ketika kita masih hanya dipercayakan dengan pekerjaan-pekerjaan yang berskala kecil.

Setia Dalam Perkara Kecil Membuka Jalan Untuk Kesempatan Lebih Besar
Sayang sekali banyak orang mengharapkan dipercayakan dengan tanggung jawab besar namun tidak setia dengan tanggung jawab yang kecil. Satu hal yang harus kita sadari bahwa tidaklah mungkin orang yang bekerja dengan sembarangan dan sloppy, dapat dipercayakan dengan jenis pekerjaan yang lebih besar.

Jadi tunggu apalagi, mulai bangun Spirit of Excellence dalam hidup kita saat ini dengan terus semangat dalam bekerja dan dengan terus mengasah kemampuan kita dimanapun kita berada dan bekerja.***
Share this post
  • Share to Facebook
  • Share to Twitter
  • Share to Google+
  • Share to Stumble Upon
  • Share to Evernote
  • Share to Blogger
  • Share to Email
  • Share to Yahoo Messenger
  • More...

0 komentar

 
© 2011 Santomic
Designed by ThemeSpira Coded by CodeSpira Part of LiveSpira
Released under Creative Commons 3.0 CC BY-NC 3.0
Posts RSSComments RSS
Back to top